Mengenal Sosok Erick Thohir Yang Baru 5,5 Bulan Bikin Marketplace Raup Transaksi 11,4 T

Mengenal Sosok Erick Thohir Yang Baru 5,5 Bulan Bikin Marketplace Raup Transaksi 11,4 T – Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury mencontohkan, total transaksi di pasar Digital Market (PaDi) UMKM sudah mencapai Rp 11,4 triliun. Ini adalah nilai transaksi per akhir Januari 2021 yaitu 5,5 bulan sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2020.

Mengenal Sosok Erick Thohir Yang Baru 5,5 Bulan Bikin Marketplace Raup Transaksi 11,4 T

Sumber : brilio.net

imo2015 – Pahala mengatakan pada pembukaan virtual exposition PaDi UMKM pada Senin 15 Februari 2021: “Ini tentunya awal yang baik.”

PaDi UMKM merupakan pasar yang diluncurkan bersama oleh Kementerian BUMN, dipimpin oleh Erick Thohir, Kementerian Koperasi dan UKM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) dan 9 BUMN. Mereka adalah Telkom, BRI, PT, Waskita, Wijaya Karya, Pupuk Indonesia, Pertamina, Pegadaian dan PT PNM.

Berbeda dengan pasar lainnya, pasar ini bertujuan untuk membuka akses pasar bagi UMKM agar dapat membeli barang dan jasa pemerintah khususnya BUMN. Oleh karena itu, salah satu fungsi yang tersedia di situs resminya padiumkm.id adalah e-procurement alias pengadaan elektronik.

Pahala meyakini kemitraan antara BUMN dan UMKM melalui pasar ini sangat penting untuk peningkatan ekosistem rantai nilai dan rantai pasok. Terutama dalam rangka meningkatkan fleksibilitas dan daya saing produk anak nasional.

Sejak tahun lalu, tidak hanya BUMN, pemerintah juga mewajibkan kementerian untuk membelanjakan produk UMKM. Total anggaran yang disiapkan APBN mencapai Rp 307 triliun. Saat mendirikan PaDi UMKM pada Agustus 2020, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, mengatakan: “Ini penting untuk mengoptimalkan pengeluaran kementerian / lembaga.”

Apalagi, pada masa Covid-19, pasar digital ini merupakan langkah cepat pemulihan perekonomian nasional. Oleh karena itu, Pahala memperkirakan angka Rp 11,4 triliun tersebut masih hanya sebagian kecil dari potensi yang bisa dikembangkan melalui pasar.

Profi Erick Thohir

Sumber : inter.it

Erick Thohir, (lahir di Jakarta, 30 Mei 1970; umur 50 tahun) adalah entrepreneur dan filantropis Indonesia. Ia kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019.

Sejak 23 Januari 2021, Erick ditetapkan sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah periode 2021 – 2024.

Sebelum menjadi menteri, Erick Thohir merupakan seorang entrepreneur dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk berasal dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Berbagai unit bisnis Mahaka seperti di bidang penyiaran (PT Mahaka Radio Integra Tbk), stasiun televisi (Jak TV), media luar ruang (Mahaka Advertising), media cetak (Harian Republika, Golf Digest), pemesanan dan penjualan tiket digital (Rajakarcis.com), dan bermacam perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Ia mengakuisisi klub sepak bola yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milan) pada November 2013. Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke-21 didalam 106 th. sejarah klub tersebut. Bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepak bola Amerika, D.C. United dan juga dulu sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Latar belakang

Erick adalah putra berasal dari Teddy Thohir, seorang entrepreneur yang turut membesarkan Astra International. Ayahnya berdarah Lampung, tetapi ibunya berdarah Tionghoa dan Sunda. Saudaranya, Garibaldi Thohir atau yang akrab disapa Boy Thohir adalah seorang bankir investasi. Ia juga memiliki kakak perempuan bernama Rika. Thohir kecil turut mendukung bisnis keluarga.
Pendidikan

Pada th. 1993, Erick lulus program Master untuk Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) berasal dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Sebelumnya ia memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) berasal dari Glendale University.
Bisnis
Media

Sekembalinya ke Indonesia, dengan lebih dari satu kawan semasa kuliahnya ia mendirikan Mahaka Group. PT Mahaka Media Tbk (Perseroan) didirikan di Jakarta dengan nama PT Abdi Bangsa pada tanggal 28 November 1992. Pada 4 Januari 1993, Mahaka mendirikan Harian Republika, surat kabar pertama bagi komunitas Muslim di Indonesia. Perusahaan ini belanja Republika (surat kabar) pada th. 2001 kala berada diambang kebangkrutan. Ia mendapat bimbingan berasal dari ayahnya serta Jakob Oetama (pendiri Kompas) dan Dahlan Iskan (pendiri Jawa Pos). Seiring perkembangan ekonomi dan penduduk perkotaan, pada th. 2002 Mahaka Group melebarkan sayapnya dengan mendirikan perusahaan media luar ruang, Mahaka Advertising.

Setelah meluncurkan stasiun televisi Jak TV untuk memperkuat positioning-nya sebagai bisnis yang fokus pada penduduk perkotaan, pada th. 2007 Mahaka memperkenalkan radio 98.7 Gen FM dan 101 Jak FM, melakukan rebranding pada radio Mustang FM, Kis FM, Hot FM, dan Most FM, serta penyertaan saham pada PT Radionet Cipta Karya (Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio). Ia juga mendirikan bermacam perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, hiburan, serta digital. Pada th. 2008, dengan Anindya Bakrie, Erick mendirikan tvOne dan website berita Vivanews. Pada th. 2014-2019, ia menjabat sebagai Direktur Utama antv.
Olahraga

Erick Thohir merupakan pendiri sekaligus pemilik klub basket Satria Muda.

Ia menjadi orang Asia pertama yang dulu memiliki Tim bola basket NBA dikala ia belanja saham Philadelphia 76ers. Pada th. 2012, Erick dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer, D.C. United.

Ia percaya dapat potensi bisnis sepak bola dan dibuktikannya pada September 2013. Presiden dan pemilik klub Internazionale (Inter Milan), Massimo Moratti pada kala itu mengonfirmasi pembicaraan untuk penjualan saham mayoritas 70% kepada Erick. Pada tanggal 15 Oktober 2013 sehabis lewat sistem negosiasi yang panjang, lewat International Sport Capital yang dipimpin oleh Erick secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub sebesar 70%. Pada tanggal 15 November 2013, Erick dipercaya sebagai presiden klub Inter Milano mengambil alih Moratti. Pada th. 2016, ia melepas kepemilikan mayoritasnya di klub berikut kepada perusahaan China, Suning Holdings Group Co. Dua th. kemudian, jabatan presiden klub diserahkannya kepada Steven Zhang.

Kegiatan lain

Erick yang gemar olahraga bola basket dulu menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006–sekarang. Tahun 2012, ia dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London. Pada th. 2018, ia lagi dipercaya untuk menjadi ketua panitia penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Setelah berhasil menjadi ketua panitia perhelatan Asian Games, ia ditunjuk sebagai ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf Amin.

Erick Thohir adalah pendiri Yayasan Darma Bakti Mahaka, yang menyatukan dana untuk kegiatan-kegiatan sosial. Dia juga sempat menjadi penulis buku yang berjudul Pers Indonesia di Mata Saya yang diluncurkan th. 2011 oleh penerbit Republika. seperti yang dilansir wikipedia

Related Posts